pelatih arsenal Mikel Arteta

Mikel Arteta Ukir Sejarah Dalam Kemenangan 3-0 Arsenal Atas Fulham

Kemenangan Arsenal dengan skor telak 3-0 atas Fulham di Craven Cottage pada Minggu (13/3) malam menjadi hari yang tak dapat dilupakan oleh Mikel Arteta. Pelatih berusia 40 tahun tersebut sukses menorehkan namanya dalam sejarah klub sebagai manajer yang mampu mencatatkan 100 kemenangan bagi The Gunners.

Arsenal langsung tampil dominan sejak peluit tanda dimulainya pertandingan babak pertama ditiup wasit. Gol tercipta pada menit ke-17 dari sisi kanan pertahanan Fulham berkat aksi yang dilakukan Gabriel Martinelli, tetapi wasit menganulir gol itu karena sang pemain tertangkap offside setelah melihat tayangan ulang melalui VAR.

Arteta

The Gunners terus-menerus menyerang pertahanan Fulham yang tak terkoordinasi dengan baik.  Gol pertama akhirnya jadi milik tim tamu di menit ke-21. Bermula dari tendangan pojok yang dilepaskan Leandro Trossard, bola mengarah langsung ke depan gawang dan diterima dengan baik oleh Gabriel tanpa dapat dihalau para pemain Fulham. 1-0 keunggulan bagi Arsenal. 

Gol kembali terjadi empat menit berselang, lagi-lagi dari kelengahan sisi kanan pertahanan Fulham. Umpan silang diberikan Trossard ke tiang jauh yang mengecoh kipper Bernd Leno, Martinelli yang berdiri di depan gawang dengan mudah menyundul bola masuk. Tim tamu menambah keunggulan menjadi 2-0.

Kehilangan Joao Palhinha yang terkena hukuman dilarang bertanding di laga ini membuat lini tengah Fulham dengan mudah didikte oleh Arsenal. Menit ke-36 petaka kembali terjadi bagi tuan rumah, sayang inisiatif Granit Xhaka yang tinggal berhadapan satu-lawan-satu dengan Leno tak mampu mengonversinya menjadi gol.

Sebelum jeda babak pertama atau tepatnya ketika waktu memasuki menit tambahan, Martin Odegaard mampu menguasai bola dengan leluasa di area kotak penalti sebelum mencetak gol. Golnya tersebut tercipta dari umpan Tossard yang mencacatkan assist ketiganya dalam laga ini dan semakin membenamkan tuan rumah.

Babak kedua, Fulham meningkatkan intensitas permainan mereka. Menit ke-69, peluang tercipta bagi tuan rumah ketika sepak pojok Andreas Pereira mampu diterima Aleksandar Mitrovic, sayang sundulannya tersebut masih membentur tiang gawang.

Hingga pertandingan berakhir, tim asuhan Marco Silva akhirnya gagal mencetak satu gol pun. Sebaliknya, Arsenal mampu kembali mengancam gawang tuan rumah. Sorak sorai penonton bergemuruh ketika di menit ke-76, Gabriel Jesus membuat penampilan pertamanya sejak pulih dari operasi lutut.

pelatih tim inggris

Pemain berkebangsaan Brasil itu hampir menandai penampilan comeback-nya dengan sebuah gol di menit ke-85. Namun sayang, upayanya setelah melakukan kerja sama yang apik dengan Fabio Vieira gagal berbuah gol setelah Leno mampu mengantisipasi tendangannya.

Kemenangan Arsenal atas Fulham tersebut menjadi kemenangan kelima mereka secara berturut-turut dalam Derby London dengan catatan impresif lima kali tidak kebobolan. Selain itu, skuat asuhan Mikel Arteta juga tetap mempertahankan keunggulan empat poin atas Manchester City dalam perebutan gelar juara Premier League.

The Gunners selanjutnya akan berfokus pada pertandingan melawan Sporting Lisbon dalam leg kedua babak 16 besar Europa League, Kamis (16/3) mendatang. Martin Odegaard dan kawan-kawan harus meraih kemenangan dalam laga ini jika ingin melaju ke babak berikutnya karena agregat kedua tim sama kuat 2-2 di leg pertama.

Sementara bagi Fulham, dengan kekalahan tersebut posisi mereka di peringat delapan klasemen sementara Premier League terancam oleh Brentford, Chelsea, dan Aston Villa. The The Cottagers akan berhadapan dengan lawa berat Manchester United di babak perempat final FA Cup akhir pekan nanti.