Super Cup UEFA 2023

Seluk Beluk Super Cup UEFA 2023 yang Perlu Kamu Tahu

Ada banyak kompetisi yang diadakan oleh UEFA selain Liga Champions, misalnya seperti Liga Europa, Liga Konferensi Europa, dan tak lupa, ada Super Cup UEFA. Jika Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Europa merupakan kompetisi yang mempertemukan banyak klub, Super Cup UEFA punya format yang berbeda.

Super Cup UEFA 2023 pun masih sama seperti format Super Cup UEFA tahun sebelumnya. Hanya ada dua klub yang akan bertanding di kompetisi ini. Kira-kira, klub mana yang akan bertanding dan mengapa kedua klub ini yang ikut serta? 

Super Cup UEFA 2023

Apa, Sih, UEFA Super Cup Itu?

Sepanjang tahunnya, UEFA menyajikan banyak kompetisi untuk para negara anggotanya. Kompetisi tier 1 (tingkat 1) adalah Liga Champions, di tier 2 ada Liga Europa, dan di tier 3 ada Liga Konferensi Europa UEFA.

Tiap kompetisi mengharuskan negara anggota UEFA untuk mengikutsertakan klub domestik mereka dengan jumlah berdasarkan peringkat negara di UEFA. 

Berbeda dengan tiga jenis kompetisi tersebut, Super Cup UEFA hanya diikuti oleh dua klub. Satu klub adalah pemenang Liga Champions, satu lagi adalah pemenang Liga Europa. Jadi, peserta Super Cup adalah dari pemenang kompetisi dua tingkat ini.

Lantas, siapa yang akan ikut serta di Super Cup UEFA 2023? Nah, pada Liga Champions musim 2022-23, pemenangnya adalah Manchester City, sedangkan pemenang Liga Europa musim 2022-23 adalah Sevilla. Maka dari itu, kedua klub inilah yang akan berlaga di Super Cup UEFA mendatang.

Bagaimana Sejarah UEFA Super Cup? 

Ide terlaksananya UEFA Super Cup muncul dari reporter dan editor koran De Telegraaf asal Belanda bernama Anton Witkamp. 

Waktu itu, Witkamp mengusulkan adanya suatu pertandingan khusus untuk mengetahui siapa klub terbaik di Eropa dengan mempertemukan pemenang Piala Champions Eropa dan Piala Winners Eropa.

Meski ide tersebut diterima oleh presiden klub Ajax dan disampaikan ke UEFA, usulan ini ditolak oleh Artemio Franchi sebagai Presiden UEFA. Pasalnya, Rangers yang menjadi pemenang Piala Winners Eropa berada dalam masa hukuman. Hukuman ini diterapkan karena perilaku fans yang menyalahi aturan.

Meski begitu, pertandingan Ajax vs Rangers tetap diadakan. Pertandingan ini disebut-sebut sebagai pertandingan Super Cup Eropa meskipun tidak dianggap resmi oleh UEFA.

Kapan Super Cup UEFA 2023 Dilaksanakan? 

Super Cup UEFA merupakan kompetisi yang diadakan satu kali setahun. Untuk tahun 2023, UEFA Super Cup akan diselenggarakan pada 16 Agustus 2023. Permainan akan dimulai pada pukul 21.00 CET (Central European Time). Ini artinya kamu bisa menyaksikan kompetisi ini pada pukul 02.00 WIB tanggal 17 Agustus 2023.

Di mana Venue Pelaksanaannya? 

Jika Super Cup UEFA 2022 berlokasi di Olympic Stadium, Helsinki, Finlandia, Super Cup UEFA 2023 berlokasi di Stadio Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani. 

Ini adalah kedua kalinya kompetisi UEFA diadakan di Yunani. Dahulu, Yunani juga sempat menjadi tuan rumah Liga Champions UEFA musim 2006-07. Waktu itu, lokasi pelaksanaannya adalah di kota Athena. 

Pada musim itu, klub yang bertanding dalam laga final adalah AC Milan vs Liverpool. Trofi Liga Champion UEFA musim itu menjadi milik AC Milan setelah berhasil mengalahkan Liverpool 2-1.

Kota Piraeus merupakan kota kesebelas yang akan menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan Super Cup UEFA. Selain Piraeus, kota-kota berikut juga sempat menjadi tuan rumah Super Cup sejak 2013: Praha (Prague), Cardiff, Tbilisi, Trondheim, Skopje, Tallinn, Istanbul, Budapest, Belfast, dan Helsinki.

UEFA Super Cup 2022, Siapa Pemenangnya?

Liga UEFA Super Cup 2022 diselenggarakan pada 11 Agustus 2022. UEFA Super Cup 2022 yang diselenggarakan di Helsinki mendatangkan Real Madrid sebagai pemenang Liga Champions musim 2021-22 dan Eintracht Frankfurt sebagai pemenang Liga Europa UEFA 2021-22. 

Pada pertandingan tersebut, Real Madridlah yang muncul sebagai juara UEFA Super Cup 2022 dengan skor 2-0. Scorer yang mencetak gol saat itu adalah David Alaba pada menit ke-37 dan Karim Benzema pada menit ke-65. 

Apakah Real Madrid akan tampil lagi di Super Cup UEFA 2023? Tentu tidak. Tidak ada aturan yang menyebutkan bahwa pemenang Super Cup satu musim akan otomatis menjadi peserta di Super Cup musim selanjutnya.

Klub yang akan mengikuti UEFA Super Cup 2023 di Piraeus, Yunani adalah Manchester City (Inggris) dan Sevilla (Spanyol).
Nah, itulah penjelasan mengenai Super Cup UEFA 2023, kapan, dan di mana venue pelaksanaannya. Pertandingan UEFA Super Cup 2023 akan mempertemukan Manchester City (pemenang Liga Champions 2022-23) dan Sevilla (pemenang Liga Europa 2022-23). Jadi, klub mana, nih, yang akan kamu dukung?